Home » Burung Liar » 10 Jenis Burung Eksotis yang Ada di Hutan Hujan Amazon

10 Jenis Burung Eksotis yang Ada di Hutan Hujan Amazon

Hutan hujan Amazon adalah hutan tropis terbesar di planet ini dan dikelilingi oleh lembah Sungai Amazon dan anak-anak sungainya. Hutan ini terdiri atas wilayah yang luas di Amerika Selatan dan menyebar ke sembilan negara, meliputi Brasil, Peru, Venezuela, Kolombia, Bolivia, Ekuador, Suriname, Guyana, dan Guyana Prancis.

Hutan hujan Amazon dianggap sebagai salah satu tempat paling beragam di dunia dan terdaftar sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia. Inilah sebabnya mengapa dalam artikel ini kami akan membahas sepuluh jenis burung eksotis yang hidup di hutan hujan Amazon. Kami akan memberi Anda nama, foto, dan informasi umum tentang mereka. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut!

1. Hyacinth Macaw

Gambar burung Hyacinth Macaw

Hyacinth macaw, Anodorhynchus hyacinthinus, adalah burung yang termasuk dalam keluarga parrot. Mereka dianggap sebagai salah satu burung paling indah di Amazon karena warna biru yang kuat menutupi seluruh tubuhnya. Mata dan dagunya dilapisi dengan rona kuning pekat yang kontras dengan bulu-bulunya. Mereka terutama ditemukan di Brasil, Bolivia, dan Paraguay.

Macaw hidup di tepi sungai tropis dan hutan lebat pohon. Mereka memakan buah-buahan seperti mangga, kacang-kacangan, dan beri. Karena kemunduran dan praktik perdagangan ilegal untuk bulunya, sayangnya burung-burung ini sekarang dianggap terancam punah. Mereka dilindungi oleh Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Flora dan Fauna yang Terancam Punah.

2. Chiribiquete Emerald

Gambar burung Chiribiquete Emerald

Chiribiquete emerald, Chlorostilbon olivaresi, adalah burung dari keluarga burung kolibri (hummingbird). Mereka ditemukan di daerah dekat Sungai Amazon, khususnya di Kolombia tenggara, di mana mereka hidup di vegetasi belukar. Paruhnya pendek dan bulunya berwarna hijau cerah, meskipun kadang-kadang bisa berwarna ungu atau biru.

Mereka memakan bunga dan serangga kecil, seperti tawon. Burung ini memiliki gerakan terbang yang sangat lurus dan cepat yang merupakan ciri khas keluarga burung kolibri. Mereka juga dianggap sebagai salah satu burung paling indah di hutan Amazon.

3. Cock-of-the-rock

Gambar burung Cock-of-the-rock

Cock-of-the-rock, Rupicola peruviana, adalah salah satu burung yang paling mencolok dan indah di hutan Amazon. Ini berkat bulu neonnya. Bulu pejantan memiliki warna oranye bercahaya dan betina tampak lebih buram dengan rona kalem. Karena morfologinya itu, mereka dianggap sebagai salah satu burung Amazon yang secara fisik paling aneh.

4. Castelnau’s Antshrike

Gambar burung Castelnaus Antshrike

Castelnau’s antshrike atau Thamnophilus cryptoleucus adalah burung hitam kecil yang dapat terlihat di dekat Sungai Amazon. Mereka terutama ditemukan di wilayah Ekuador dan Peru khususnya di daerah di mana hutannya kurang tumbuh dan berdaun. Pejantan berbeda dari betina karena warna bulu mereka. Pejantan menghadirkan bulu hitam dengan garis-garis putih di sayapnya, sementara betina benar-benar hitam.

5. Scarlet Macaw

Gambar burung Scarlet Macaw

Scarlet macaw dianggap sebagai salah satu burung paling indah dan populer dari Amazon. Burung ini ditandai oleh bulu merah dan perpaduan warna biru, kuning, dan hijau di bagian bawah sayapnya.

Anda dapat melihat macaw ini seringkali dalam kelompok besar di lembah sungai Amazon. Burung ini, setelah berpasangan, akan tinggal bersama pasangannya selama sisa hidup mereka. Ini adalah salah satu burung parrot terbesar di dunia dan dapat mencapai ukuran hingga 80 cm. Burung cantik ini semakin terancam oleh hilangnya habitat karena perusakan hutan hujan yang disebabkan oleh manusia serta perdagangan hewan peliharaan.

6. Crimson Topaz

Gambar burung Crimson Topaz

Crimson topaz, Topaza pella, adalah burung yang termasuk keluarga Trochilidae. Mereka memiliki warna yang mencolok dan dua bulu yang menonjol 10 cm dari ekornya. Pejantan memiliki bulu ungu dan kemerahan di daerah-daerah seperti dada dan punggung mereka. Mereka memiliki tenggorokan tertutup bulu berwarna kuning. Betina memiliki penampilan yang serupa, namun warna mereka dianggap lebih buram dan tampak berlumpur. Burung-burung ini umumnya ditemukan di wilayah Kolombia, Brasil, Venezuela, dan Guyana Prancis. Mereka hidup di daerah tropis atau subtropis.

7. Black-banded Woodcreeper

Gambar burung Black-banded Woodcreeper

Black-banded woodcreeper alias Dendrocolaptes picumnus adalah sejenis pelatuk yang berukuran antara 25 sampai 28 cm. Bulu-bulunya tampak kecokelatan pada sayap, punggung, dan kepalanya, sementara dadanya berwarna krem kekuningan. Paruhnya sangat lurus, memungkinkannya memakan larva dan serangga tersembunyi yang ditemukan di lubang pohon. Burung ini ditemukan di lembah Amazon dan di hutan tropis atau subtropis lembab.

8. Spectacle Owl

Gambar burung Spectacle Owl

Spectacled owl, Pulsatrix perspicillata, termasuk dalam keluarga Stringidae dari burung buruan nokturnal. Burung hantu ini memiliki pola yang sangat menarik yang melingkari matanya. Pola berwarna kekuningan ini sejajar dengan pola-pola bulu di sekitar matanya yang membuatnya tampak seperti memakai kacamata. Burung ini memakan serangga besar, kelelawar, burung berukuran sedang, dan katak. Mereka adalah hewan nokturnal yang beristirahat di daerah vegetasi yang padat di siang hari.

9. Para Oropendola

Para Oropendola

Para oropendola, Psarocolius bifasciatus, adalah burung yang sangat menarik. Ini khususnya karena cara mereka membuat sarangnya, yang kadang-kadang bisa berukuran hingga 180 cm, tergantung dari cabang-cabang pohon. Para oropendola dianggap sebagai salah satu burung paling unik di Amazon. Mereka memiliki dada dan punggung berwarna hijau dengan sayap berwarna cokelat dan ekor kuning kecoklatan. Burung ini hidup di hutan lembab yang terjal: Brasil, Kolombia, Peru, dan Venezuela.

10. King Vulture

Gambar burung King Vulture

King vulture, Sarcoramphus papa, mungkin menjadi salah satu burung yang paling eksotis dan mencolok di dunia karena ragam warnanya. Mereka adalah burung pemulung/scavenger. Tubuhnya hitam dan putih, sementara kepalanya tertutupi bintik-bintik merah, kuning, hitam, dan terkadang bahkan ungu.

King vulture memakan semua jenis bangkai yang ditemukan di hutan. Mereka mencari bangkai-bangkai ini melalui indera penglihatan dan penciuman yang luar biasa. Burung ini dapat ditemukan di sabana, padang rumput, dan hutan tropis di hampir seluruh Amerika Selatan.

Komentar